Jumat, 03 Oktober 2008

syaloom!


KALANGAN KRISTIANI DAN POLITIK

ini bukan cerita baru. menghubungkan kalangan kristiani dengan politik sudah setua cerita tentang perjuangan Yesus di Yerusalem dan sekitarnya. bahkan jika kita berusaha menggeser settingnya menjadi Indonesia pun, cerita tentang pertautan keduanya sudah dimulai ketika kolonial Spanyol-Portugis-Belanda datang ke tanah air kita ini. berbicara tentang mereka, dengan begitu, merupakan upaya untuk merekonstruksi sejarah yang panjang beserta dengan segenap lekuk-liku dan romantikanya.

tentu saja tak cuma soal rekonstruksi. di dalamnya juga terdapat perjuangan tanpa henti untuk menemukan sebuah formula yang diharapkan akan bisa menerjemahkan pesan kristiani ke dalam kehidupan sosial-politik masa kini. dengan kata lain, ada upaya tak kenal menyerah untuk mendalami pesan kristiani dan kemudian mempergaulkannya dengan pelbagai macam anasir yang ada dalam hidup keseharian khas Indonesia, sehingga kemudian muncul sebuah sintesa yang diharapkan klop dengan kebutuhan sosial-politik kalangan kristiani itu sendiri.

sebagaimana pesan tersirat dari sejarah panjang pergaulan nilai-nilai kristiani dengan kondisi sosial-politik di tiap kurun jaman, maka upaya untuk memperjuangkannya harus selalu dilakukan. tidak ada perwujudan final dalam mengejawantahkan salib perjuangan. tiap sintesa selalu merupakan upaya optimal dan sekaligus upaya minimal untuk memulai sebuah babak baru.

salam hormat

Tidak ada komentar: